Translate

Sabtu, 06 Oktober 2012

Ilmu Sosial Dasar : KEPENDUDUKAN , MASYARAKAT dan KEBUDAYAAN

KEPENDUDUKAN , MASYARAKAT dan KEBUDAYAAN


A.    PENDAHULUAN
Mungkin kita tak asing dengan kata tersebut bahkan sempet menjadi berita hangat baik melalui media elektronik ataupun media cetak . Layak nya seperti makaan pokok dalam kehidupan kita misal nya seperti tarian reog ponorogo yang diklaim oleh negara Malaysia itu sebaik kecil dari contoh yang ada disekeliling kita . Mari kita bahas lebih lanjut apa itu KEPENDUDUKAN , MASYARAKAT dan KEBUDAYAAN ?

1.    DEFINISI KEPEDUDUKAN
Kependudukan atau penduduk dalam definisi nya terbagi 2 yaitu :
-    Orang yang tinggal di daerah tersebut
-    Orang yang secara hukum berhak tinggal di daerah tersebut .Dengan kata lainorang yang mempunyai surat resmi di daerah situ .
Dalam sosiologi , penduduk adalah kumpulan manusia yang menepati wilayah geografi dan ruang tertentu.
Masalah-masalahkepedudukandiantaralain:.
•    Kepadatan Penduduk yaitu terjadi akibat luas suatu wilayah tertentu melebihin kapasitas dalam arti luas wilayah hanya berapa tapi penduduk yang menepati lebih banyak akibat nya sering di nama kan dengan padat penduduk.
•    Piramida Kependudukan yaitu menggambarkan suatu perkembangan tentang suatu wilayah tertentu dalam kurun waktu tertentu apakah penduduk tersebut meningkat ataupun menurun.
•    Pengangguran yaitu dimana lowongan pekerjaan yang dibutuhkan tidak sebading dengan daya tampung sebuah perusahaan tersebut , makin tahun makin meningkat angkat pengangguran di Indonesia contoh nya banyak orang yang berimigran ke kota besar untuk pendapatkan pekerjaaan yang layak namun karna daya tampung sebuah perusahan yang tidak memungkin dan akhir nya sulit mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Sejalan dengan proyeksi populasi, angka ini terus bertambah dengan kecepatan yang belum ada dalam sejarah. Diperkirakan seperlima dari seluruh manusia yang pernah hidup pada enam ribu tahun terakhir, hidup pada saat ini.
Pada tanggal 19 Oktober 2012 pukul 03.36 WIB, jumlah penduduk dunia akan mencapai 7 miliar jiwa.Badan Kepududukan PBB menetapkan tanggal 12 Oktober 1999 sebagai tanggal dimana penduduk dunia mencapai 6 miliar jiwa, sekitar 12 tahun setelah penduduk dunia mencapai 5 miliar jiwa.
Berikut adalah peringkat negara-negara di dunia berdasarkan jumlah penduduk (2005):
1.    Republik Rakyat Cina (1.306.313.812 jiwa)
2.    India (1.103.600.000 jiwa)
3.    Amerika Serikat (298.186.698 jiwa)
4.    Indonesia (241.973.879 jiwa)
5.    Brasil (186.112.794 jiwa)
6.    Pakistan (162.419.946 jiwa)
7.    Bangladesh (144.319.628 jiwa)
8.    Rusia (143.420.309 jiwa)
9.    Nigeria (128.771.988 jiwa)
10.    Jepang (127.417.244 jiwa)
Dalam populasi negera Indonesia pada tahun 2005 , negara ini peringkat ke-4 setelah CINA , INDIA dan AMERIKA . Adapun faktor yang mempengaruhi yaitu : kelahiran (fertilitas), kematian (mortalitas) dan perpindahan (migrasi).

2. DEFINISI MASYARAKAT
    Masyarakat adalah sekumpulan individu yang mempunyai hubungan , memiliki kepentingan bersama dan memiliki budaya . Masyarakat Indonesia dulu dijuluki masyarakat yang ramah sehingga turis asing sangat senang berkunjung ke Indonesia namun di jaman era globalisasi semakin kesini menjadi lebih individualisme oleh masuk nya budaya barat tanpa disaring terlebih dahulu dan hanya mementingkan diri sendiri.
Menurut Syaikh Taqyuddin An-Nabhani, sekelompok manusia dapat dikatakan sebagai sebuah masyarakat apabila memiliki pemikiran, perasaan, serta sistem/aturan yang sama. Dengan kesamaan-kesamaan tersebut, manusia kemudian berinteraksi sesama mereka berdasarkan kemasalahatan.

3.  DEFINISI  KEBUDAYAAN
Kebudayaan atau budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi.
Hirschman mengatakan bahwa kebosanan manusia sebenarnya merupakan penyebab dari perubahan.
Ada tiga faktor yang dapat memengaruhi perubahan sosial:
1.    tekanan kerja dalam masyarakat
2.    keefektifan komunikasi
3.    perubahan lingkungan alam.

KESIMPULAN ANTARA KEPEDUDUKAN , MASYARAKAT dan KEBUDAYAAN ?
Setelah dibahas tentang 3definisi di atas dapat saya simpulkan bahwa Kependudukan tanpa Masyarakat ditidak akan ada hubungan interaksi sosial satu sama lain serta tanpa Kebudayaan tidak ada adat-istiadat tiap daerah ataupun negara . 3definisi tersebut saling terkaitan satu sama lain dan tanpa kependudukan , masyarakat dan kebudayaan tidak ada nama nya era globalisasi antara negara dan hubungan persahabatan antar negara menjadi kacau. Kebudayaan muncul diciptakan oleh manusia (masyarakat) itu sendiri dan akan dihasil dari kebudayaan tersebut dapat digunakan oleh penduduk sekitar nya .

B.    DAFTAR PUSTAKA



Nama : Andini Eka Pawitri
Kelas : 1KA20
NPM : 10112799

Tidak ada komentar:

Posting Komentar